Menggunakan Virtual Safe


Mungkin sebagian dari anda belum mengerti apa yang dimaksud dengan virtual safe. Virtual safe/Kotak virtual merupakan sebuah fasilitas untuk menyimpan data layaknya hadrdrive pada PC teman-teman. Di namakan virtual karena secara fisik media penyimpanan ini tidak ada. Virtual ini bekerja dengan mengambil space pada hardisk yang anda tentukan.

Saya sudah pernah memperkenalkan pada teman-teman mengenai software maintenance yang bernama Toolwiz Care pada posting sebelumnya. Pada software ini terdapat juga fasilitas Virtual Safe yang memungkingkan kita untuk membuat tempat penyimpanan baru yang dapat disembunyikan dan diproteksi. Sehingga bagi teman-teman yang memiliki komputer yang secara bersama memerlukan software ini demi keamanan dan privasi.

Berikut cara membuat virtual safe:

Buka aplikasi Toolwiz Care,

1

Lalu klik pada Virtual Safe

2

Lalu klik Create New Safe

3

Lalu tentukanlah drive dimana anda akan membuat Virtual Safe ini. Saya anjurkan untuk membuatkan folder khusus agar tidak tercampur dengan data yang lain.

Sebagai contoh, pilih Drive: D\Kotak. D:\ adalah drive dan Kotak adalah folder dimana kita akan menyimpan kotal virtual yang akan kita buat. Lalu pada kotak File name isikan nama kotak virtual sesuai selera masing-masing. Disini saya beri nama Pribadi. Lalu tekan Save.

4

Setelah anda menekan tombol Save, maka akan dialihkan kembali pada aplikasi Toolwiz Care.

5

Sebelum memasukkan password tentukan terlebih dahulu berapa besar kapasitas yang anda ingin untuk kotak virtual ini. Pada combo Please specify the size of the container you want to create: saya memasukan kapasitas 100MB. Ini dapat anda sesuaikan, sesuai dengan kapasitas hardisk anda.

Kemudian, silahkan anda isi kotak Password for the safe beserta kotak Confirm Password. Lalu tekan tombol Create Now.

67

Kotak Virtual anda sudah berhasil dibuat. Sekarang anda hanya perlu membukanya. Klik Open Safe kemudian klik Select File dan buka drive dimana anda menyimpan kotak virtual anda. Kemudian anda dapat menetukan drive letter untuk kotak virtual anda (saya pilih drive X:\). Lalu masukkan passwordnya dan tekan tombol Open Now. Anda dapat mengisi drive ini dengan data-data yang menurut anda layak untuk mendapatkan tempat privasi.

Jika anda membuka Windows Explorer, anda akan mendapati ada satu Drive baru. Pada PC saya terdapat Drive X:\Pribadi.8

Setelah anda selesai menggunakan drive ini, jangan lupa untuk menutupnya. Dengan mengklik Close Selected Safe. Maka saat teman atau keluarga anda memakai komputer, mereka tidak akan menemukan drive yang anda buat beserta data yang ada di dalamnya. Berikut tampilan Windows Explorer setelah Kotak virtual ditutup.9

Selamat bersenang-senang!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s