Menyimpan File di Google Drive


Saat saya amati masih banyak diantara rekan-rekan pengguna jasa layanan internet yang belum mengerti mengenai jasa cloud storage. Kali ini saya ingin membahas mengenai Google Drive. Berikut sekilas mengenai Google Drive yang saya sadur dari Wikipedia.

Google Drive adalah layanan penyimpanan milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.  Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.

Dengan jasa Google Drive ini anda dapat menyimpan berkas/file anda secara online. Hal ini tentu berguna untuk mengurangi space pada hardisk PC/Laptop kita. Kemudahan lainnya adalah kita dapat dengan mudah mengakses file kita dan membagikannya kepada pengguna lain.

Cara Menggunakan Google Drive!!!

Bagi anda yang memiliki akun GMail atau Google Mail, anda tak perlu merepotkan diri untuk mendaftarkan diri lagi. Karena GoogleDrive, Blogger, Youtube, GMail dan masih banyak yang lainnya merupakan satu kesatuan. Sehingga sekali anda memiliki akun GMail, maka anda langsung menggunakan Jasa Cloud Storage ini.

Anda dapat mengakses Google Drive dengan mengunjungi halaman Google. Pada bagian atas halaman, tepat di bawah address bar anda akan menemukan berbagai layanan Google seperti Search, Images, Maps, Play, Youtube, News, Gmail, Drive, Calender and More.

Klik pada bagian Drive. Berikut screenshot-nya:

Silahkan anda bereksplorasi sendiri. Anda bisa membuat folder sesuai dengan jenis berkas/file yang anda punya dan mulai mengupload file-file anda ke Google Drive.

Selamat mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s